Manfaat Kopi Sidikalang

12 Manfaat Kopi Sidikalang

Manfaat Kopi Sidikalang

Manfaat kopi sidikalang buat kesehatan tubuh anda yang wajib anda tahu.

Kopi merupakan minuman yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia mengkonsumsi kopi, tidak hanya orang dewasa, para remaja dan anak-anak muda pun mengkonsumsi minuman yang sering dicampur gula, susu atau krimer. Minuman berwarna gelap dengan rasa pahit yang khas umumnya dikonsumsi untuk mengurangi rasa kantuk. Namun apa dampak kesehatan dari konsumsi kopi? Apa saja efek yang terjadi karena mengkonsumsi kopi baik jangka pendek maupun jangka panjang? Banyak riset di dunia meneliti efek mengkonsumsi kopi terhadap kesehatan manusia.

Manfaat Kopi Sidikalang

Kopi yang dikonsumsi memiliki senyawa kimia khas yang terkandung didalamnya. Tercatat dalam beberapa penelitian, hampir 1000 senyawa kimia terkandung dalam kopi, salah satu senyawa kimia kopi yang dikenal adalah kafein. Banyak penelitian membuktikan bahwa kopi yang diminum tanpa campuran memiliki segudang manfaat yaitu:

  1. Kafein pada kopi mengurangi resiko berkembangnya penyakit Alzheimer’s (Acquas, Tanda, & Di Chiara, 2002) (Finkel, 2001). Penelitian oleh Lindsay dan kawan-kawan (2002) menunjukkan bahwa resiko terkena penyakit Alzheimer’s pada orang yang berumur diatas 65 tahun berkurang sebanyak 31% dengan mengkonsumsi kopi sehari-hari.
  2. Kafein pada kopi mengurangi peradangan saraf (Escartin dkk., 2011) karena kafein pada kopi mengaktifkan respon antioksidan saraf pusat dan juga memiliki efek anti-peradangan (Garcia-Blanco dkk, 2017)
  3. Mengurangi resiko gangguan kecerdasan ringan (Finkel, 2001) yang didukung oleh penelitian van Gelder dkk., (2007) dengan subjek laki-laki lansia menghasilkan kesimpulan bahwa berkurangnya penurunan kecerdasan. Ini mengartikan bahwa konsumsi kopi setiap hari memiliki dampak positif pada otak.
  4. Meningkatkan sensitifitas hormon insulin (Vercambre, dkk., 2013) sehingga mengurangi resiko penyakit diabetes (diabetes tipe 2).
  5. Mengurangi resiko berkembangnya penyakit Parkinson’s (Cho dkk., 2018; Moccia dkk., 2016; Simon dkk., 2017; Prakash & Tan, 2011;).
  6. Berpotensi sebagai zat yang memiliki efek anti-kanker karena memiliki kandungan antioksidan. (Gilberto, 2020).
  7. Meningkatkan tingkat kesadaran dan kewaspadaan karena kafein mempengaruhi hormon adrenalin (Mejia dkk., 2014).
  8. Berpotensi mengurangi tingkat zat pro-collagen III yaitu zat yang memicu penyakit Fibrosis (Valva dkk., 2011).
  9. Berpotensi menangkal TFG-Beta yaitu sitokin (sejenis senyawa protein) faktor pertumbuhan transformasi yang berkaitan dengan penyakit fibrosis hati (Friedman, 2000).
  10. Penelitian oleh Chrysant (2015) dan Voskoboinik dkk., (2019) menyatakan bahwa mengkonsumsi 3-5 cangkir kopi murni tanpa campuran per hari berpotensi mengurangi resiko penyakit kardiovaskular seperti hipertensi & diabetes.
  11. Konsumsi kopi murni secara rutin berpotensi melindungi dari kenaikan berat badan karena kafein dapat meningkatkan perubahan lemak menjadi energi, mengurangi penyerapan usus (Voskoboinik dkk., (2019) dan mengoksidasi lemak.
  12. Studi yang dilakukan oleh Bhankardar dkk., (2019) bahwa kopi mengandung senyawa asam klorogenik. Sekitar sepertiga dari senyawa tersebut diserap oleh usus yang dapat mengurangi pelepasan glukosa pada hati sehingga melepaskan efek antioksidan dan anti-radang yang dapat menambah kolestrol baik (HDL), dan mengurangi resiko penyakit metabolis.

Efek Negatif Kopi Sidikalang.

Selain dari banyak manfaat yang didapat karena mengkonsumsi kopi, perlu diperhatikan juga bahwa konsumsi kopi terutama berlebihan memiliki beberapa efek negatif. Studi melaporkan bahwa ada dampak negatif yang terjadi apabila mengkonsumsi kopi terutama berlebihan:

  • Meningkatnya tekanan darah (Cornelis & El-Sohemy, 2007) Orang yang memiliki tekanan darah tinggi dan memiliki detak jantung yang tidak beraturan tidak dianjurkan mengkonsumsi kopi berlebih.
  • Penelitian yang dilakukan di tahun 1999 oleh Nurminen dkk., dengan subjek penelitian yang mengkonsumsi 2 cangkir @150ml kopi per hari dengan tingkat kafein 120mg per cangkir dapat meningkatkan tekanan darah sistolik & diastolik dan juga mengurangi detak jantung (heart rate.
  • Orang yang mengkonsumsi kopi secara berlebihan (lebih dari 5 gelas @150ml) berpotensi mengalami penurunan kepadatan tulang (Cano-Marquina, 2013; O’Keefe, 2013; & Shimamoto, 2013) sehingga keropos dan mudah retak. Oleh karena itu, orang yang berpotensi memiliki penyakit osteoporosis tetapi suka mengkonsumsi kopi perlu meningkatkan asupan kalsium dengan cara menambahkan sedikit susu berkalsium.
  • Mengkonsumsi kopi pada wanita hamil tidak disarankan karena dapat mengganggu pertumbuhan janin. Suatu penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil yang mengkonsumsi kafein lebih dari 300mg per hari berpotensi mengalami keguguran mendadak. (Cano-Marquina, 2013; O’Keefe, 2013; & Shimamoto, 2013).
  • Konsumsi kopi berlebih dapat menyebabkan mual dan sulit tidur pada sebagian orang (Mejia dkk., 2014) karena sistem pencernaan tiap orang berbeda-beda sehingga ada orang yang mencerna senyawa kimia pada kopi lebih lambat.

Berdasarkan penelitian-penelitian yang saya rangkum, kopi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh apabila dikonsumsi secukupnya yaitu sekitar 1 sampai 3 cangkir per hari. Perlu diingat bahwa kopi juga memiliki beberapa dampak negatif terutama apabila dikonsumsi secara berlebihan. Mengkonsumsi kopi instan yang mengandung gula secara berlebihan juga justru meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes.

Bagi orang yang memiliki penyakit asam lambung yang sering kambuh, tidak disarankan mengkonsumsi kopi sidikalang murni karena asam lambung akan meningkat dan menyebabkan mual dan muntah apalagi dikonsumsi setelah makan dan tidak diminum perlahan. Oleh karena itu rasio campuran kopi dengan bahan lain seperti krimer atau susu juga berpengaruh terhadap asam lambung.

Demikianlah manfaat kopi sidikalang untuk kesehatan tubuh apabila dikonsumsi secara rutin.

Jangan lewatkan info menarik lainnya yang ada di web ini.

 

Tags , ,

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.